Trader
Login
FORGOT
PASSWORD
Deposit Withdrawal

5 Tips mengembangkan Trading System [Part 1]

Apr

14.10

Posted by Pratama
17 Comments

Mulai minggu ini kita akan membahas mengenai “5 Tips mengembangkan Trading System“. Masing-masing tips akan saya bahas menjadi satu artikel. Jadi nantinya artikel ini akan dibagi menjadi 5 seri yang akan ditulis berurutan. Saya jamin anda tidak akan menyesal untuk membacanya. :)

.

Suatu pertanyaan yang sering dilontarkan ketika melihat seorang hedge fund manager yang sukses adalah apa yang membuat mereka spesial dan unik sehingga mereka mempunyai kualifikasi untuk mengalahkan market? Jika seorang hedge fund manager seperti George Soros mampu mengalahkan market, seharusnya trader seperti kita juga bisa melakukannya. Semua hedge-fund manager mempunyai trading system yang berbeda, namun ternyata cara mereka mengembangkan trading system-nya adalah sama.

Perbedaan dari seorang professional trader dan unprofessional trader adalah mereka yang professional tidak trading secara “blindly“. Seorang hedge-fund manager dituntut tidak hanya mempunyai strategi trading yang tajam, namun mereka harus tahu kapan mereka sukses, kapan akan stop loss dan bagaimana kemungkinan terburuk akan terjadi. Pada dasarnya, semua hedge fund manager mengikuti 5 langkah untuk mengembangkan trading system mereka.

1. Properly defining the trading system
2. The art of entry and exit strategy
3. Test drive
4. Getting intimate
5. Self reflection

Tips ke-1 : “Properly defining the trading system”

Properly defining the trading system artinya kita harus benar-benar menentukan dasar-dasar yang diperlukan untuk mengembangkan trading system kita kedepannya. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan trading system yang baik. 3 Hal tersebut adalah parameter trading (Trade Parameters), pemilihan pair mata uang (Currency Pair) yang cocok dan pemilihan Time Frame.

Trade Parameters
Hal pertama yang dilakukan adalah menentukan apakah kita ingin trading dengan menggunakan analisa teknikal, analisa fundamental atau kombinasi dari analisa fundamental dan teknikal. Penentuan ini hanyalah sebagai inisial untuk menentukan trading system kita. Ketika kita telah menemukan yang cocok, maka kita harus menentukan trade parameters dari metode trading yang dipilih.

Trade parameters ini adalah merupakan aturan baku yang kita buat dan tidak boleh dilanggar ketika akan melakukan open position. Salah satu hal fatal yang sering terjadi adalah ketika seorang trader menjadi terlalu emosional ketika trading. Trade parameters yang dibuat akan membuat kita disiplin untuk mencegah faktor emosi kita mempengaruhi keputusan trading.

Contoh dari trade parameters :

Trade Rules Indicators
Range ADX <20 dan penurunan volatilitas Bollinger Bands, ADX , stochastic
Trend ADX > 20 dan momentum konsisten dengan arah trend Moving Average, ADX, momentum

.

Currency pair
Hal kedua yang dilakukan adalah memilih mata uang untuk trading. Banyak trader yang trading di beberapa pair mata uang, tetapi mereka pasti mempunyai mata uang favorit. Begitu juga dengan para hedge-fund manager, untuk memaksimalkan probabilitas profit dari setiap open posisi, maka para hedge-fund manager ini juga mempunyai pair mata uang favorit/andalan untuk kesuksesan mereka.

  • Bagi para trader yang berani menanggung faktor resiko yang besar, maka pair GBP/JPY bisa menjadi pilihan.
  • Untuk para range trader yang tidak begitu menyukai mata uang yang volatile, maka mereka bisa memilih pair CHF/JPY.
  • Dan trader yang trading berdasarkan news data ekonomi dari US, mereka biasanya lebih suka dengan currency EUR/USD dan USD/JPY.

Time frame
Hal ketiga yang dilakukan adalah menentukan time frame yang akan anda pilih untuk trading. Suatu strategi yang bekerja pada daily time frame chart biasanya tidaklah cukup akurat untuk digunakan dalam time frame 5-minutes chart. Seorang news-trader, short-term trader ataupun long-term trader mempunyai dasar time frame yang berbeda-beda. Sebagai contoh, berdasarkan riset, rata-rata news-trader melakukan open position 20 menit sebelum news keluar dan menunggunya sampai dengan 4 jam setelah munculnya news, selanjutnya dia akan mengkalkulasikan apakah news data yang keluar cukup kuat untuk merubah arah trend atau tidak.

Setiap hedge-fund manager adalah sama seperti kita, beberapa dari mereka hanya menggunakan analisa fundamental dan sisanya lagi hanya menggunakan analisa teknikal. Bagian yang terpenting adalah mengetahui mengenai apa tipe trading yang cocok dan style trading yang sesuai dengan kita. Selanjutnya baru kita menentukan parameter trading untuk menjaga kita agar tetap disiplin terhadap trading system kita.

Ok, sampai disini dulu :). Pada artikel seri berikutnya, kita akan membahas beberapa tips dalam entry position dan exit position strong. Sampai bertemu lagi pada pada bagian ke-2 mengenai “the art of entry and exiting“.

.
Saya tunggu komentar anda dan jangan lupa subscribe ke Blog ini untuk mendapatkan update kami yang terbaru dengan cepat :)

.

linkedin share

{ 10 comments… read them below or add one }

  1. Pages:
  2. 1
  3. 2
binäre optionen handeln June 25, 2013 at 5:35 AM

Pick out Chinese Food stuff Delivery Through Vancouver Now

Lovindi June 2, 2013 at 12:10 AM

Good post!!
Educative
Thank you

nonesuch May 30, 2013 at 3:58 PM

How to pick The Suitable Av Employ Company To your requirements

tirta nirmala April 3, 2013 at 4:30 PM

pengen mulai trading tpi gk thu caranya daftar

Fazyz January 23, 2011 at 1:56 PM

Kami tunggu,terimakasih

rony August 10, 2010 at 7:03 PM

Good thread. Thanks

fayis July 9, 2010 at 4:27 AM

apreciateblog

Robinson Tambunan April 15, 2010 at 10:34 AM

@budi tjandra :
sabar atuh bos…kita kan jadwal updatenya Mingguan…
jadi dah kek koran mingguan gitu bos..makannya kalo ga mau kelewatan Part 2 nya Subcscribe dong… :D

Dhani Pratama April 15, 2010 at 10:25 AM

Siapp Pak,
Lanjoetken .. :D

budi tjandra April 15, 2010 at 8:56 AM

lanjutt ke bagian dua

Leave a Comment

Previous post:

Next post:

Chicago Business Barometer Unexpectedly Indicates Faster Growth In October   –   U.S. Consumer Sentiment Improves More Than Initially Estimated In October   –   Chicago Business Barometer Shows Unexpected Increase In October   –   U.S. Personal Spending Unexpectedly Dips 0.2% In September   –   U.S. Personal Spending Shows Unexpected Decrease In September   –   Eurozone Inflation Rises Slightly; Jobless Rate Stable At 11.5%   –   Italy Consumer Prices Unexpectedly Rise In October   –   Russia Hikes Key Rate Sharply By 150 Bps   –   Hungary Producer Prices Decline For Seventh Month   –   Italy Sep Jobless Rate Rises Unexpectedly   –  
Futures Galleria
LiveZilla Live Help