Trader
Login
FORGOT
PASSWORD
Deposit Withdrawal

Tokoh Trader Wanita Profesional dan Sukses

Jun

09.10

Posted by Rully Alexander
18 Comments

“Wanita di jajah pria sejak dulu”. Akrab dengan lantunan tersebut? Bukan hanya sekedar lagu, namun hal itu terjadi pula dalam dunia trading, dimana pria masih mendominasi profesi trader dibandingkan trader wanita. Baik pria dan wanita, masih belum banyak yang mengenal atau mengetahui adanya eksistensi seorang trader wanita professional yang sukses menjalaninya menjadi sebuah karir / pekerjaan.

Trader wanita percaya bahwa dalam dunia trading forex atau index menjadi tempat di mana mereka lebih “dinilai” bedasarkan performance mereka, dibandingkan dengan perbedaan gender semata yang umumnya mengesampingkan peran wanita di dalamnya.

Hal tersebut sungguh nyata dan terbukti, jika kita melihat kembali kepada seorang trader wanita muda asal Indonesia bernama Esti Andriyani yang berhasil menjadi juara pertama pada event demo trading contest 2010 dari broker Futures Galleria kemarin dan hadir pula dalam acara penyerahan hadiah oleh tim Futures Galleria Blog di Minus two café, Jakarta, Indonesia.

Sosok beliau sungguh membuka mata saya yang tertuju pada kehebatan trader wanita saat ini. Trader wanita tidak dapat dipandang sebelah mata dan bukan hanya di Indonesia pastinya. Saya juga mencoba research lewat google mengenai keberadaan trader wanita sukses yang berada di luar negeri dan menemukan beberapa tokoh trader wanita professional yang sukses dengan well perform di mata dunia.

Tokoh – Tokoh Trader Wanita tersebut meliputi:

Muriel Siebert, dikenal sebagai “The First Woman of Finance”. Menjadi wanita pertama yang memiliki kedudukan di New York Stock Exchange. Dia berjuang untuk mendapatkan kursi tersebut dan bergabung dengan 1365 anggota pria. Siebert telah memiliki sikap yang vokal bagi wanita di bidang keuangan dan industri trading sepanjang kariernya. Pemilik Broker Muriel Siebert & Company juga mengatakan; “sekarang trader wanita diperlakukan dengan hormat“.

Lisa M. Utasi pernah berkata ”Kita perlu menghilangkan mitos bahwa perempuan tidak bisa masuk ke bidang ini”. Lisa sudah trading selama 20 tahun dan saat ini dia adalah seorang trader di Legg Mason unit ClearBridge Advisors. “Kami melakukannya dan ada banyak wanita yang sukses, kita harus memastikan bahwa pesan ini  terbuka untuk semua wanita.

Karen L. Finerman, memiliki dan menjalankan Metropolitan Modal, hedge fund pribadinya. Karen memulainya sebagai seorang trader karena ia menyukai tantangan. Dia berpendapat bahwa, pekerjaan tersebut baik bagi siapapun (wanita/pria) yang berusaha untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga. ”Jam untuk trading cukup pas dan tidak menyita waktu “, tegasnya.

Smita Sadana, seorang professional trader dan pemilik TraderVantage telah berhasil mencapai 43% keuntungan gabungan per tahun selama 11 tahun terakhir. Selama periode yang sama, indeks S&P500 hampir tidak berubah. Menjadi salah satu kandidat trader wanita terbaik di Wallstreet,  Smita berharap bahwa suatu saat “trader wanita yang sukses di Wall Street sama jumlahnya dengan para trader pria”.

Ada perkiraan yang mengatakan bahwa perbandingan trader wanita dengan pria adalah 1:10 atau bisa dikatakan 10% dari keseluruhan. Tidak ada data statistik tepat yang dapat menunjukkan berapa banyak trader wanita di dunia.

Bagaimana pendapat Anda, mengenai suksesnya trader wanita saat ini dibandingkan trader pria ?

linkedin share

{ 16 comments… read them below or add one }

  1. Pages:
  2. 1
  3. 2
yanti-fy July 12, 2013 at 11:55 AM

aq jg pgn bljr trading ma swami tp rsny sush bgt y ngertiny… tp pas lo swami dpt profit snengny mnt ampun.bsa shoping dech… hehehe…

Hari Wibowo (Harmin) January 10, 2013 at 3:07 PM

Aku juga merasakan hal yang sama, jatuh bangun, bahkan dulu aku trading dengan dana orang, tanpa ada hitam di atas putih, jumlahnya ratusan juta, hmmm udah beberapa kali WD tiap profit, tapi waktu itu karena trading saya gak pernah pakai stop loss n gak pernah berani cut loss, modal saya habis, waktu itu krisis eropa, saya main di GBPUSD dan EURUSD. Karena rasa tanggug jawab saya, saya harus mengembalikan dana yang tidak sedikit itu. Namun, karena kejadian itu saya jadi belajar untuk mengelola dana dana dengan trading secara lebih bijak lagi, dan sekarang selalu menggunakan stop loss. Pengalaman yang sangat berharga di dunia trading. Belum lagi saya juga pernah ikutan di bisnis investasi yang tidak legal, uang habis ratusan juta disana. Sekarang saya justru masuk di pialang lokal yang benar-benar legal dan menjadi trader di sana. Tujuan saya hanya satu, jangan sampai investasi bodong itu menipu orang lain, cukup saya saja. Untuk yang mau menginvestasikan dana, pilihlah di tempat yang aman dan legal. Khusus untuk berinvestasi di bursa berjangka, jika memberikan tanggung jawab kepada trader perusahaan, pastikan kita tahu portofolio tradingnya yang bagus, buatlah perjanjian batasan resiko yang bisa ditoleransi oleh nasabah. Jangan sampai kita disuruh inject dana, karena trader gak pernah membatasi resiko. Itulah pengalaman dan cerita dari saya… Maju terus trader Indonesia sebagai pahlawan devisa untuk negara! :)

asih June 22, 2012 at 12:10 PM

Semoga aku bisa seperti mereka … Amin Ya Allah

wasis November 1, 2011 at 3:24 PM

wanita memang mau di mengerti soal trading.

idayati June 24, 2011 at 4:35 PM

Wah..hebat…saya coba account demo, hasilnya sih bagus tp pas tgl 23 juni, harga gold turun di 1513 an…habis deh dananya.terlalu bernafsu.Sejak tau trading jadi males ngurusi bisnis konvensional…ha..ha….ha….oia perhitungan fibbonaci emang bagus ya???di ulas dong…

Rully Alexander July 29, 2010 at 12:04 AM

@Indra:
Salam kenal juga mas Indra
hehehe.. gpp kok
Thx yah udah mampir :D

  1. Pages:
  2. 1
  3. 2

Leave a Comment

Previous post:

Next post:

Croatia Industrial Output Recovers In July   –   Sweden Current Account Surplus Falls In Q2   –   U.K. Construction Sector Growth Quickens Unexpectedly In Aug   –   Swiss Economy Stalls Unexpectedly In Q2   –   Hungary June Trade Surplus Revised Downwards   –   Australia Leaves Record Low Interest Rate Unchanged   –   Estonia Industrial Output Rises At Faster Rate In July   –   Eurozone PPI Due On Tuesday   –   South Korean CPI Rises At Slower Rate In Aug; Trails Expectations   –   New Zealand Aug Commodity Prices Fall At Faster Rate   –  
Futures Galleria
LiveZilla Live Help