Trader
Login
FORGOT
PASSWORD
Deposit Withdrawal

Kenapa harga Emas turun belakangan ini?

Sep

28.11

Posted by Pratama
21 Comments

gold turunBanyak orang pasti bertanya-tanya kenapa emas (gold) tiba-tiba jatuh secara signifikan. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Beberapa dari anda mungkin sudah mengetahui sebabnya, namun berikut adalah 2 faktor penyebab turunnya harga emas yang kami analisa.


1. Federal Reserve Amerika

US Central Bank atau yang lebih dikenal dengan Federal Reserve, mengeluarkan kebijakan yang dinamakan “Operation Twist“. Kebijakan ini adalah menjual surat hutang Amerika (obligasi) yang jatuh temponya pendek, dan meggunakan dananya untuk membeli surat hutang yang jatuh temponya lama (10 tahun atau lebih).
Nah, yang penting dari Operation Twist ini adalah efeknya ke market. Akibat penjualan surat hutang yang jatuh temponya pendek tersebut, maka tingkat bunga dari surat hutang jangka pendek ini menjadi naik dan cukup menjanjikan bagi para hedge fund / mutual fund yang mengelola dana besar.

operation twist

2. Mutual Fund, Hedge Fund dan Kepanikan di Market

Mutual Fund dan Hedge Fund (firma atau perseorangan yang tugasnya mengelola dana investasi dari investor dalam jumlah besar) secara serentak beralih untuk memburu surat hutang jangka pendek Amerika yang dijelaskan pada poin pertama. Surat hutang suatu negara dianggap sebagai investasi untuk mendapatkan profit yang paling aman di tengah krisis yang melanda euro dan menurunnya performa China. Negara yang mengeluarkan surat hutang bisa mencetak uang untuk membayar hutang / bunga dari surat hutang yang sebelumnya di keluarkan. Dalam kasus ini, Amerika adalah dikenal sebagai negara yang paling aman mata uangnya (safe haven). US Dollar adalah mata uang yang bisa digunakan hampir di seluruh penjuru dunia.

Sebagai akibat perburuan surat hutang tersebut, maka para mutual fund dan hedge fund secara beramai-ramai memindahkan dana nya untuk membeli surat hutang tersebut. Dana yang mereka gunakan ini adalah dengan cara menjual suatu instrumen investasi yang sebelumnya mereka pegang. Emas dan saham yang sebelumnya mereka pegang akhirnya dijual dan dananya digunakan untuk membeli surat hutang Amerika. Secara bersamaan mereka juga bisa dikatakan melakukan taking profit.

Ketika hal diatas terjadi, maka market emas akan turun secara signifikan, dan hasilnya menimbulkan kepanikan dan efek berantai diantara para hedge fund dan investor lainnya. Akibatnya terjadi aksi “sell-off” (aksi jual besar-besaran).

Trader’s View

Sebelumnya kami pernah memberitakan bahwa index market yang jatuh di seluruh dunia, dan kali ini komoditi emas dan oil juga turut jatuh. Secara garis besar, dalam jangka waktu pendek ini tidak ada “tempat bersembunyi” yang paling aman selain surat hutang Amerika.

Bagi trader, naik atau turunnya suatu market mungkin tidak menjadi halangan bagi meraih profit. Namun selalu berpedoman kepada hukum risk and reward adalah cara trading yang bijak

Bagaimana pendapat anda mengenai penurunan Gold ini?
Apa pengalaman trading anda dalam fenomena ini?
Mari kita berbagi untuk sesama trader disini :)

Bila anda menyukai artikel ini, anda mungkin juga menyukai artikel berikut :

linkedin share

{ 18 comments… read them below or add one }

  1. Pages:
  2. 1
  3. 2
  4. 3
gold trader December 29, 2012 at 4:39 PM

Penurunan Harga Emas, Memang Harus terjadi, Pembelian surat Hutang Adalah salah satu cara Taking Profit Amerika Setelah Kenaikan Emas 2x lipat…….Tahun 2012 Emas memang tidak akan naik, karena ditahun sebelumnya 2011 emas sudah naik 2x lipat…..range emas saat ini 1520 dan 1800, tahun 2013 barulah emas akan melesat lagi…..kekisaran 2250…jika melesat naik melewati 2500 maka jangan harap 2014 akan ada kenaikan melebihi angka tersebut…..Sell dan sell saja terus………………

winkbiz May 23, 2012 at 7:21 PM

masuk akal emas turun dratiz..

wuzhun May 23, 2012 at 4:37 PM

Kira2, titik balik emas naik lagi bisa dalam waktu dekat gak bung pratama…

Fauziahs April 24, 2012 at 7:01 PM

Harga emas turun menakutkan saya kerana terpaksa membayar upah simpan…kalu sikit xpalah juga tp 1 kilo…mana nak cari wang untuk bayar upah simpan ni….

valend April 4, 2012 at 6:56 PM

semoga harga emas kembali normal

Doel March 23, 2012 at 9:23 AM

Pengaruh Harga Minyak Dunia gmn? Analis Harga emas turun karena Stok/produk minyak di timur tengah spt libya turun drastis.
Ada juga analis MInyak Naik Emas Naik, tpi Maret 2012 ini MInyak Dunia Naik, ko Emas Turun drastis. Gmn Analisa Anda?

fontana November 17, 2011 at 7:46 PM

Emas Turun……….Buy aja
Turun lagi…………Buy lagi
Turun terus………Buy terus
Eh masih Turun….Masih berpegang Buy
Yah Turun deh….Biarin aja deh Floating, matikan Komputer trus Tidur.
Sebelum tidur, bayangkan Emas Naik dan terus naik dan naik lagi menanjak tinggi
Besok paginya buka Chart dan………(buktikan sendiri ya) heeeee

Orija November 17, 2011 at 3:42 AM

untuk mengetahui itu emas naik dan turun setahun berapa kali,,,mohon informasinya…

  1. Pages:
  2. 1
  3. 2
  4. 3

Leave a Comment

Previous post:

Next post:

Mexico Economic Growth Improves As Expected   –   China Cuts Interest Rates For First Time Since 2012   –   China Central Bank Slashes Rates For First Time Since 2012   –   Brazil Business Confidence Improves For Second Month   –   Iceland Wages Increase At Slower Rate In October   –   Lithuania Industrial Output Rises In October   –   Germany Leading Index Flat In September   –   UK October Net Borrowing Eases   –   Italy Hourly Wages Rise In October   –   ECB Chief Says Firm Anchoring Of Inflation Expectations Critical   –  
Futures Galleria
LiveZilla Live Help