Trader
Login
FORGOT
PASSWORD
Deposit Withdrawal

Tips Trading : Konsep Dasar Support & Resistance

Dec

28.11

Posted by Pratama
1 Comment

analisa teknikalKonsep support dan resistance tidak disangkal menjadi hal yang paling banyak dibahas di dalam metode teknikal analisis. Keduanya tak pelak menjadi subyek dasar yang perlu diketahui oleh para trader pemula saat belajar analisa teknikal. Di artikel ini saya akan mencoba menjelaskan hal-hal dasar yang perlu diketahui berkaitan dengan konsep support dan resistance.

Resistance

Trader yang sudah lama berkecimpung dalam dunia trading pastinya pernah mendapati dimana harga susah untuk bergerak menembus suatu level .
Sebagai contoh, pada bulan november kemarin EUR/USD susah untuk bergerak naik menembus level 1.3556.

support resistance_1

Seperti yang anda lihat pada chart diatas, level 1.3556 bisa disebut sebagai resistance level. Resistance level bisa anda bayangkan sebagai suatu “atap” yang mencegah harga bergerak naik melewatinya.

Support

Di sisi lainnya, kita juga mempunyai level harga yang disebut sebagai support level. Support level ini bisa dibayangkan sebagai lantai yang mencegah harga untuk turun melewatinya. Seperti yang anda lihat pada gambar dibawah, support level ini bisa juga menjadi kesempatan untuk melakukan BUY yang sangat baik.

support resistance_2

Trendline

Pada contoh diatas anda telah melihat suatu level support dan resistance yang secara konstan mencegah harga bergerak lebih tinggi atau lebih rendah. Namun pada jangka panjang, harga pastinya bergerak naik atau turun sesuai trend yang menyebabkan level support resistance menjadi berubah-ubah seiring waktu. Inilah kenapa pemahaman akan trend dan trendline menjadi hal yang penting dalam mempelajari support dan resistance.

support resistance_3

Ketika trend harga sedang naik, resistance level terbentuk ketika harga mulai bergerak melemah dan turun menuju trendline, begitupula sebaliknya. Hal ini biasanya disebabkan oleh efek taking profit jangka pendek.

Double Zero

Karakteristik dari support / resistance yang lain adalah bahwa suatu harga akan menemui kesulitan untuk bergerak menembus level harga yang mempunyai angka bulat. Contoh : 1500,1600 dan sejenisnya. Angka bulat tersebut dipercaya sebagai level kuat dimana bank-bank besar juga meletakkan targetnya pada level tersebut. Untuk lebih jauhnya mengenai hal ini, anda dapat membaca artikel Strategi Trading Double Zero.

Fibonacci Retracement

Di dalam konteks analisa teknikal, banyak indikator telah dikembangkan untuk mengamati level ketahanan harga. Fibonacci retracement termasuk salah satu indikator favorit yang digunakan oleh para trader. Alasannya adalah, indikator ini mengkalkulasikan beberapa level variasi support dan resistance. Pada gambar dibawah, kita bisa melihat garis-garis mendatar yang menjadi level ketahanan.

support resistance_4

Kesimpulan
Pengamatan mengenai level support dan resistance ini mampu meningkatkan keberhasilan strategi trading anda. Dari support dan resistance tersebut kita mendapatkan gambaran kapan harga akan memantul atau berbalik arah. Hal ini menjadi suatu hal yang penting ketika anda memutuskan untuk membuat satu open posisi.

linkedin share

{ 1 comment… read it below or add one }

HASYIM December 30, 2011 at 11:03 PM

Berdasarkan ketiga grafik tersebut di atas, bgm prediksi harga ke depan. Pada harga berapa kita masuk pasar dan pada harga berap kita pasang automatic sell (taking profint) dan pada harga berapa kita pasang stop loss untuk masing-masing grafik tersebut?

Leave a Comment

Previous post:

Next post:

India's Private Sector Expands For Four Straight Months   –   Ireland Service Sector Growth Accelerates In Aug   –   Eurozone Services PMI Due On Wednesday   –   Japan Services PMI Falls Into Contraction   –   Hong Kong Private Sector Activity Drops In August   –   China Service Sector Activity Grows In August   –   China Service Sector Expands In August   –   Australia GDP Expands 0.5% In Q2   –   China Non-Manufacturing Activity Expands In August   –   Japan Services PMI Slips Into Contraction   –  
Futures Galleria
LiveZilla Live Help