Trader
Login
FORGOT
PASSWORD
Deposit Withdrawal

Tips Untuk Menjadi Seorang Trader Sukses

Oct

10.12

Posted by Pratama
4 Comments

ilmu tradingSeorang pria dan seorang anak laki-laki duduk di sebuah rumah kayu yang dipenuhi furnitur tua dan berdebu.

Anak laki-laki itu menundukkan kepalanya sambil memandangi sebuah gitar yang disandarkan ke kedua kakinya yang kecil.

Pria itu duduk memandangi anak kecil itu. Dia adalah Jack White, seorang musisi terkenal yang masuk dalam daftar 100 Greatest Guitarists of All Time versi majalah Rolling Stone.

Dan anak laki-laki itu adalah anaknya.

Adegan ini cuma sebuah cuplikan adegan dari film dokumenter “It Might Get Loud”. Namun sebuah petuah bisa kita ambil dari sini, dari orang lain atau satu tempat yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Disini Jack White mengajarkan bagaimana bermain gitar kepada anaknya.

“You have to fight the guitar…”

“And you have to win.”

Beberapa saran untuk menjadi seorang trader sukses …
Untuk trading. Untuk sebuah kehidupan dalam karir trading Anda …

Anda harus bertarung. Dan Anda harus menang.

Jack mengatakan “Kamu harus bertarung dengan gitarmu”. Hanya itu yang dikatakannya sebelum meninggalkan anak itu.

Kata-kata “bertarung” menjadi pelajaran bagi anak itu. Dan mungkin pada saat itu saya akan mempertaruhkan uang saya pada gitar tersebut.

Dengan kata lain pada saat itu tidak akan ada harapan. Anda bisa saja memenangkannya. Namun lebih banyak kemungkinan Anda akan kalah. Namun meski begitu, Jack mengatakan “Kamu harus menang”. Dengan kata lain, bertarunglah sampai kamu bisa mengalahkannya. Tentu saja akan ada harapan bila Anda berusaha sungguh-sungguh.

Mungkin akan membutuhkan waktu 3 bulan, 3 tahun, atau bahkan 30 tahun. Trading bukanlah jalan pintas untuk menjadi kaya mendadak.

.

Mulailah segala hal dengan pertanyaan “Kenapa ?”

Kenapa Anda memilih trading? Kenapa Anda memilih sebagai seorang trader? Hal apa yang perlu dipersiapkan sebelum terjun di dunia trading?

Maka mari kita lihat beberapa kategori yang bisa membantu Anda menjadi seorang trader sukses.

1. Mental

Kenapa anda memilih dunia trading? Saya harap bukan karena harapan untuk kaya mendadak. Karena bila iya, maka Anda akan ditertawakan oleh market.

Saya banyak belajar dari Jessie Livermore, salah seorang trader idola saya. Beliau mengatakan begini,

“Permainan spekulasi adalah permainan yang paling menarik di dunia. Tapi jika Anda tahu, itu bukanlah permainan untuk orang-orang yang bodoh, bermental malas, orang dengan keseimbangan emosional rendah, atau orang yang bermimpi untuk cepat kaya. Mereka yang saya sebutkan pada akhirnya akan mati miskin.”

Saya kira saya tidak perlu menjabarkannya lebih lanjut :)

Market akan memberikan Anda peluang untuk mendapatkan profit bagi mereka yang serius. Anda telah diberikan kemudahan untuk melakukannya dari rumah. Gunakanlah sebaik-baiknya..

2. Pengetahuan

Ada 2 macam pengetahuan : umum dan khusus.

Pengetahuan umum mempunyai lebar 3 kilometer dan berkedalaman 3 sentimeter.
Pengetahuan khusus mempunyai lebar 3 sentimeter, namun berkedalaman 3 kilometer.

Untuk menjadi seorang trader profesional anda dituntut mempunyai pengetahuan trading yang mendalam.

Anda mungkin membaca suatu berita dan dapat menangkap apa isi umum dari berita tersebut. Namun saya yakin Anda juga pernah mendapati satu istilah yang tidak Anda mengerti di dalamnya.

Mulailah dengan satu kata atau istilah trading yang tidak anda mengerti, cari jawabannya melalui google, blog, website atau forum-forum trading. Lakukan hal ini ketika Anda mendapati suatu kata yang tidak Anda mengerti.

Trading juga bukan suatu hal yang bisa anda pelajari dengan membaca. Anda membutuhkan suatu pengalaman. Anda akan terkejut dimana Anda akan sering mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama. Dari sini Anda bisa belajar mengendalikan diri.

Pada akhirnya Anda akan sampai pada titik pengetahuan kemana market akan bergerak.

3. Temukan Diri Anda Sendiri

Anda menemukan suatu strategi trading yang menarik dari forum, blog, dan sebagainya. Anda mencobanya di demo account dan akhirnya Anda gunakan dalam trading sehari-hari.

Namun terkadang semuanya tidak berjalan lancar seperti yang diklaim. Kepercayaan diri dan pengalaman si pembuat strategi trading tersebut tidak mungkin bisa tertransfer kepada Anda.

Anda mungkin bisa membuat suatu penyesuaian-penyesuain dari strategi trading yang mereka pakai. Penyesuaian yang tentu akan membuat Anda lebih nyaman dan lebih percaya diri.

Anda tidak perlu menjadi seorang Warren Buffet, George Soros atau figur siapapun yang Anda kagumi. Karena mereka bukan Anda.

Anda hanya perlu merasakan profit lebih banyak daripada kerugian yang Anda alami.

linkedin share

{ 4 comments… read them below or add one }

Pratama October 11, 2012 at 10:20 AM

Mantab ulasannya
saya yakin kalo kita sudah di level seperti pak winkbiz, insyaallah sudah nyaman dengan yang namanya profit :)

winkbiz October 11, 2012 at 7:30 AM

Kemiripan itu berupa melakukan kesalahan yang berulangan-ulang seperti tidak berani entry market, padahal kondisi pasar sudah sangat menyakinkan yang saya dapatkan melalui pengalaman.

Kemiripan lainnya masalah pengendalian diri. Kalau dulu sy tidak bisa mengendalikan diri untuk masuk pasar, sekarang sudah bisa. Hal ini dapat meminimalisir loss.

Kemiripan yang terakhir adalah, sudah saya sadari betul bahwa trading yang sy jalani sebagai sebuah profesi sehingga sy mengalokasikan waktu untuk trading, dengan meninggalkan pekerjaan utamanya.

Kesimpulan dari sekian lama bertrading, adalah trading itu moment. Pendapat Ini pula yang hampir sama gaya bertrading Gema Gayardi, dimana dia pernah bilang dalam suatu seminar yang diselenggarakan FG, bahwa trading itu tidak setiap hari dan menggunakan moment. cuma dia menggunakan alat bantu ilmu astronomi.

Ada yang menarik dari pendapatnya Gema Gayardi yaitu kalau trading full time maka hasilnya juga optimal, sebaliknya kalau trading sebagai bisnis sampingan, hasilnya kurang maksimal. Dan ternyata, saya sering mengalami kehilangan peluang saat ada pekerjaan lain yang mengharuskan saya keluar rumah. Untuk menyiasati hal ini, sekarang kemana-mana saya membawa tablet.

Kalao kita analisa market, ternyata tidak selama market itu bagus untuk entry atau open posisi. Dalam seminggu pasar ‘bagus’ 3 banding 2. Artinya 3 hari pasar bagus, 2 kali pasar jelek. Indikasi pasar bagus, pergerakan lebih dari 50 poin dan indikasi pasar jelek, pergerakan market kurang dari 50 poin.

Sekedar share pengalamanya saja, soal kebenaran itu relatif.

Pratama October 10, 2012 at 8:24 PM

Yang mirip yang mana Pak ? :)

winkbiz October 10, 2012 at 8:23 PM

hampir mirip seperti yang sy alami..

Leave a Comment

Previous post:

Next post:

Mexico Jobless Rate At 11-month Low   –   Brazil Jobless Rate Unexpectedly Climbs In November   –   Italy Nov Hourly Wages Rise For Second Month   –   U.K. November Budget Gap Narrows   –   Ireland Output Prices Rise For Second Month   –   Latvia Producer Prices Flat In November   –   Asia-Pacific Investor Survey Flags Geopolitical, Abenomics Risks – Fitch   –   U.K. Retail Sales Growth Strongest Since 1988: CBI   –   Iceland Inflation Eases For Second Month   –   Slovenia Output Prices Flat In November   –  
Futures Galleria
LiveZilla Live Help