“Wanita di jajah pria sejak dulu”. Akrab dengan lantunan tersebut? Bukan hanya sekedar lagu, namun hal itu terjadi pula dalam dunia trading, dimana pria masih mendominasi profesi trader dibandingkan trader wanita. Baik pria dan wanita, masih belum banyak yang mengenal atau mengetahui adanya eksistensi seorang trader wanita professional yang sukses menjalaninya menjadi sebuah karir / pekerjaan.

Trader wanita percaya bahwa dalam dunia trading forex atau index menjadi tempat di mana mereka lebih “dinilai” bedasarkan performance mereka, dibandingkan dengan perbedaan gender semata yang umumnya mengesampingkan peran wanita di dalamnya.

Hal tersebut sungguh nyata dan terbukti, jika kita melihat kembali kepada seorang trader wanita muda asal Indonesia bernama Esti Andriyani yang berhasil menjadi juara pertama pada event demo trading contest 2010 dari broker Futures Galleria kemarin dan hadir pula dalam acara penyerahan hadiah oleh tim Futures Galleria Blog di Minus two café, Jakarta, Indonesia.

Sosok beliau sungguh membuka mata saya yang tertuju pada kehebatan trader wanita saat ini. Trader wanita tidak dapat dipandang sebelah mata dan bukan hanya di Indonesia pastinya. Saya juga mencoba research lewat google mengenai keberadaan trader wanita sukses yang berada di luar negeri dan menemukan beberapa tokoh trader wanita professional yang sukses dengan well perform di mata dunia.

Tokoh – Tokoh Trader Wanita tersebut meliputi:

Muriel Siebert, dikenal sebagai “The First Woman of Finance”. Menjadi wanita pertama yang memiliki kedudukan di New York Stock Exchange. Dia berjuang untuk mendapatkan kursi tersebut dan bergabung dengan 1365 anggota pria. Siebert telah memiliki sikap yang vokal bagi wanita di bidang keuangan dan industri trading sepanjang kariernya. Pemilik Broker Muriel Siebert & Company juga mengatakan; “sekarang trader wanita diperlakukan dengan hormat“.

Lisa M. Utasi pernah berkata ”Kita perlu menghilangkan mitos bahwa perempuan tidak bisa masuk ke bidang ini”. Lisa sudah trading selama 20 tahun dan saat ini dia adalah seorang trader di Legg Mason unit ClearBridge Advisors. “Kami melakukannya dan ada banyak wanita yang sukses, kita harus memastikan bahwa pesan ini  terbuka untuk semua wanita.

Karen L. Finerman, memiliki dan menjalankan Metropolitan Modal, hedge fund pribadinya. Karen memulainya sebagai seorang trader karena ia menyukai tantangan. Dia berpendapat bahwa, pekerjaan tersebut baik bagi siapapun (wanita/pria) yang berusaha untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga. ”Jam untuk trading cukup pas dan tidak menyita waktu “, tegasnya.

Smita Sadana, seorang professional trader dan pemilik TraderVantage telah berhasil mencapai 43% keuntungan gabungan per tahun selama 11 tahun terakhir. Selama periode yang sama, indeks S&P500 hampir tidak berubah. Menjadi salah satu kandidat trader wanita terbaik di Wallstreet,  Smita berharap bahwa suatu saat “trader wanita yang sukses di Wall Street sama jumlahnya dengan para trader pria”.

Ada perkiraan yang mengatakan bahwa perbandingan trader wanita dengan pria adalah 1:10 atau bisa dikatakan 10% dari keseluruhan. Tidak ada data statistik tepat yang dapat menunjukkan berapa banyak trader wanita di dunia.

Bagaimana pendapat Anda, mengenai suksesnya trader wanita saat ini dibandingkan trader pria ?

linkedin share

16 comments

  • Hello, guest
  • Baru tau nich, trader2 cewe kelas kakap. :D kudu bener2 salut nich qt. kalo pengalaman gw punya temen2 trader cewe' waktu masih newbie, bawaannya kalo ke float pasti nangis melulu...sampe bingung temen2 mo bantuinnya gmn. tapi nilai positifnya, feel nya bener2 ok kalo lagi trade karena main perasaan kali yah.. moga dengan adanya contoh moms trader diatas pada brani smua unjuk gigi, para wanita indonesia untuk jadi trader. & moga2 nyonya gw jadi salah satunya..hihihihi.
    • @joe hans: Kita katakan Amin sama2 dulu Pak Joe, hehehe... :) Kemarin saya coba research2 lagi tentang trader perempuan. Ketemu ini: "The women were more concerned but took fewer actions,", kata seorang psikologis Ellen Peters dari Universitas Oregon. Kalau dipaduin antara "feeling"-nya trader perempuan, sama "action"-nya trader pria bisa Profit yang Waah.. dong. :D Good Luck Pak Joe!, moga2 bisa duet sama "nyonya"nya Pak Joe. hehehe.. :D
    • @Bung Joe : saya juga ada temen-temen trader cewe gitu, rata-rata diajarin ama suaminya kok Bung :) cuman ya itu, yg saya lihat kok kayanya disiplin nya masih sangat kurang dibandingkan trader cowo. hehehe peace ya para trader cewe :D nah mungkin Bung Joe bisa sharing kalo temen-temen cewe anda yg juga trader itu bagaimana?