cara install expert advisorMendapatkan profit secara kontinu, kesibukan kerja sehari-hari ataupun faktor emosi yang timbul dalam trading adalah beberapa alasan trader menggunakan expert advisor. Namun tidak sedikit juga trader yang kecewa lantaran expert advisor yang digunakan ternyata malah menyebabkan kebangkrutan atau yang biasa disebut margin call.


Untuk itu anda bisa bertanya kepada sesama rekan trader yang telah anda kenal atau mencari expert advisor di forum-forum, seperti salah satu forum yang cukup recommended ini : http://codebase.mql4.com/experts. Jangan lupa untuk membaca komentar-komentar dari para user di dalamnya untuk mendapatkan gambaran apakah robot trading tersebut cukup bagus atau tidak.

Setelah anda memiliki expert advisor, lakukan instalasi pada platform metatrader 4 yang anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkah instalasi robot trading atau expert advisor.

Cara install expert advisor (EA) kedalam MT4

  • Format file expert advisor biasanya berakhiran dengan “.ex4”. Bila software MetaTrader dalam keadaan hidup, maka dapat anda close terlebih dahulu.
    Lalu Copy file “.ex4” di atas ke dalam folder “Metatrader anda” –> “experts”.
    Sebagai contoh: C:\Program Files\MRG Trader Network\experts\


  • Cara Install Robot / Expert Advisor di Metatrader 4 - step 1

  • Jalankan software MetaTrader anda, login, lalu klik Menu “Tools” di bagian atas MetaTrader, pilih “Options” (atau dapat langsung anda klik ctrl-O). Pilih Tab “Expert Advisors”. Centang pilihan :
    1. “Enable Expert Advisors”
    2. “Disable experts when the account has been changed”
    3. “Disable experts when the profile has been changed”
    4. “Allow Live Trading”
    5. “Allow External Expert Imports”


  • Cara Install Robot / Expert Advisor di Metatrader 4 - step 2

  • Pada window “Navigator” (bila anda tidak menemukan silahkan klik Ctrl-N), klik tanda “+” pada sebelah kiri “Expert Advisor” untuk melihat list Expert Advisor yang tersedia, nama robot / exper advisor anda akan muncul disana



Cara Install Robot / Expert Advisor di Metatrader 4 - step 3

Bila sukses dan Expert Advisor telah aktif maka akan nampak tanda orang tersenyum (smiley) pada sudut kanan dan time pada indicator LOCAL berjalan. Bila ada tanda X pada sudut kanan atau time tidak berjalan berarti Expert Advisor dalam keadaan off atau non aktif.

Selamat mencoba dan ingatlah untuk selalu melakukan testing terlebih dahulu sebelum anda menggunakannya di account live / real anda.

linkedin share

10 comments

  • Hello, guest