Sebagai seorang trader, kita harus mengetahui istilah-istilah yang digunakan saat kita menjalankan bisnis trading. Dengan pengetahuan yang cukup dan kemampuan analisa yang baik, maka seorang trader bisa mendapatkan keuntungan dari menggeluti bisnis pertukaran mata uang.

Ada banyak sekali istilah-istilah yang ada di dalam bisnis trading. Namun bila anda adalah seorang trader pemula, anda perlu mengetahui 11 istilah dasar ini untuk menghindari kebingungan saat melakukan trading. Berikut ini 11 istilah pasar mata uang yang wajib diketahui seorang trader:

  1. Spread

Spread adalah selisih yang terjadi antara harga beli dan harga jual atau dalam istilah lainnya, harga beli dikenal sebagai bids, sedangkan harga jual dikenal sebagai ask. Bila spread semakin kecil maka trader akan semakin diuntungkan dan sebaliknya. Hal inilah yang membuat spread memiliki pengaruh yang besar ketika kita melakukan trading.

  1. Pips

Pips adalah singkatan dari Price Interest Point, atau unit satuan ukur untuk mengukur perubahan nilai tukar antara dua mata uang. Pips lebih mudah dijelaskan dengan contoh seperti berikut ini:

Contoh: EUR/USD naik dari harga 1.1220 ke 1.1225, ini artinya ada kenaikan lima pips.

Umumnya, pasar mata uang sekarang menggunakan kuotasi harga dengan empat hingga lima desimal. Namun untuk mata uang yang dipasangkan dengan Yen Jepang (JPY) kebanyakan masih menggunakan dua decimal.

  1. Trading

Trading adalah kegiatan yang dilakukan oleh para trader yang melakukan jual beli mata uang dengan memanfaatkan fluktuasi harga untuk meraih keuntungan.

  1. Indikator

Buat trader yang menggunakan analisa teknikal biasanya akan menggunakan indikator saat melakukan analisa. Indikator ini berguna untuk memberikan informasi mengenai keadaan pasar secara realtime. Dengan demikian, trader bisa melakukan open posisi di saat dan waktu yang tepat untuk mendapatkan keuntungan.

  1. Time Frame

Trader yang sudah menggunakan meta trader akan sering menemui istilah ini. Time frame digunakan untuk melihat pergerakan harga atau chart dalam satuan waktu. Satuan waktu yang umum digunakan dalam time frame adalah M1 hingga ke yang lebih besar seperti daily, weekly, dan yearly.

  1. Open Position (OP)

Open position adalah tindakan yang diambil seorang trader meliputi kegiatan beli atau jual. Biasanya, trader melakukan open position setelah mereka selesai melakukan analisa teknikal atau pun fundamental dan sudah mengambil keputusan untuk membeli atau menjual.

  1. Stop Loss (SL)

Stop loss adalah cara yang digunakan trader untuk membatasi kerugian yang mungkin mereka terima. Banyak trader yang sudah mahir mewajibkan dirinya untuk selalu menggunakan stop loss. Namun masing-masing trader punya toleransi tersendiri mengenai seberapa jauh mereka bisa menanggung kerugian. Pada umumnya trader akan mengacu pada modal yang dimiliki serta psikologi trading yang dimilikinya. Stop loss akan berguna saat harga bergerak ke arah yang tidak anda inginkan.

  1. Take Profit (TP)

Stop loss dan take profit ini biasanya digunakan secara bersamaan. Kalau stop loss digunakan untuk menghindari kerugian, take profit berguna untuk melikuidasi keuntungan yang didapatkan secara otomatis saat harga sudah berada di dalam posisi yang diinginkan.

  1. Broker

Broker adalah sebuah perusahaan yang menjadi jembatan di antara seorang trader dan pasar mata uang. Broker membantu para trader agar transaksi bisa berjalan dengan baik dan lancar. Namun bila anda adalah seorang trader pemula, anda perlu berhati-hati dengan broker-broker yang melakukan scam atau penipuan. Hindari broker seperti ini bila anda ingin sukses di bisnis trading.

  1. Trader

Trader adalah anda, pebisnis yang mencari untung dari jual beli mata uang. Untuk menjadi seorang trader, anda diharuskan memiliki sejumlah dana untuk melakukan investasi di dalam bursa mata uang. Transaksi yang anda lakukan di pasar mata uang akan dibantu oleh perusahaan broker atau pialang.

  1. MetaTrader4

Meta Trader 4 atau biasa disingkat dengan MT4 adalah platform trading yang digunakan oleh seorang trader ketika menjalani bisnis jual beli mata uang atau trading.

Itu dia 11 istilah pasar mata uang yang wajib diketahui oleh seorang trader. Jika menurut anda masih ada istilah yang ingin anda ketahui namun belum kami cantumkan di sini, silahkan masukkan di kolom komentar ya! Kami akan menampung masukan anda untuk artikel berikutnya. 🙂

linkedin share
Subscribe

There are no comments yet

  • Hello, guest