Ketika kita terjun menjadi seorang trader di dunia pasar mata uang, mungkin tak cuma sekali terbersit di dalam pikiran kita; “siapa saja sih pihak-pihak yang bermain di pasar mata uang ini?”. Pada kenyataannya, terdapat sejumlah bank besar dunia, perusahaan raksasa, pemerintah, bank sentral, hingga berbagai perusahaan asuransi di dunia pun ikut terjun menjadi pemain mata uang.

Namun sebagai seorang trader independen, kita tak perlu takut dengan pemain-pemain besar ini. Bahkan, kita tidak perlu bersaing secara langsung dengan mereka. Karena pasar mata uang ini cukup besar dan umumnya tidak akan mudah dipengaruhi oleh perusahaan atau bank besar. Sama seperti kita, mereka juga akan terpengaruh oleh berita penting dunia atau pergerakan pasar yang kerap naik turun.

Trader yang cerdas justru akan melihat secara cermat langkah apa yang diambil oleh para pemain besar ini. Dengan membaca analisis dan perkiraan pasar yang mereka lakukan, kita bisa mengambil langkah yang sama. Namun perlu kita ketahui bahwa perkiraan pasar mereka juga tidak selalu tepat dari waktu ke waktu.

Nah, siapa saja sih para pemain besar di pasar mata uang ini? Mari kita lihat lengkapnya di bawah ini:

Bank Besar Dunia

bank-besar-dunia

Sebagian besar volume transaksi di pasar mata uang dunia dilakukan oleh bank-bank ini. Jumlah transaksi yang biasa mereka lakukan berada di kisaran ratusan juta dolar. Bank yang mendominasi transaksi pasar mata uang ini antara lain:

  • Deutsche Bank
  • UBS
  • Citi
  • HSBC
  • Goldman Sachs
  • Dan sejumlah bank besar dunia lainnya.

Tidak seperti partisipan lainnya, bank memiliki kelebihan tersendiri, yakni mereka bisa melacak order klien mereka dan menentukan tekanan pasar untuk membeli atau menjual di mata uang tertentu. Namun karena jumlah transaksi pasar mata uang yang demikian besar (5 trilyun dolar perhari), satu bank saja tidak akan mampu menggerakkan pasar dan memberikan pengaruh pada harga. Sama seperti kita, bank juga memiliki tujuan yang sama, yakni mendapatkan keuntungan dari bertransaksi di pasar mata uang.

Perusahaan Raksasa

perusahaan-besar-dunia

Tidak sedikit jumlahnya perusahaan kecil hingga perusahaan multi nasional yang menjalankan bisnis pertukaran mata uang. Namun tidak seperti investor lainnya yang tujuan utamanya mencari untung, perusahaan-perusahaan ini terjun ke pasar mata uang karena bisnis yang digeluti mengharuskan mereka untuk membeli dan menjual mata uang.

Sebagai contoh, perusahaan roti yang berdomisili di Perancis ingin menjual produk mereka di Inggris, dan mereka akan menerima mata uang Inggris, yakni Pound Sterling ketika produk mereka terjual. Kemudian, perusahaan roti ini akan menukarkan Pound Sterling menjadi Euro, karena mata uang tersebutlah yang berlaku di Perancis, bukan karena mereka ingin mendapatkan keuntungan dari pergerakan mata uang.

Pemerintah dan Bank Sentral

pemerintahan

Tidak seperti yang lainnya, pemerintah dan bank sentral di negara tersebut memiliki peran yang penting di pasar mata uang. Bank sentral melakukan pertukaran mata uang tidak untuk mendapatkan keuntungan, namun sebagai usaha mendukung kepentingan moneter negaranya. Di negara berkembang, bank sentral bekerja untuk menstabilkan nilai tukar dengan mengeliminasi kelebihan supply atau demand pada mata uang negara tersebut, serta mengendalikan nilai inflasi.

Untuk mencapai tujuan mereka, bank sentral melakukan hal-hal berikut untuk mendukung kebijakan moneter pemerintahnya:

  • Menyimpan cadangan mata uang – bank sentral memiliki cadangan mata uang yang mereka perjual belikan di pasar mata uang untuk menstabilkan nilai tukar mata uang negara tersebut.
  • Mengubah nilai suku bunga.
  • Mengubah supply dan demand mata uang negaranya.

Biasanya, bank sentral menyimpan dolar sebagai mata uang cadangan, namun belakangan ini, mata uang Euro dan Yen dari Jepang juga turut menjadi cadangan mata uang sejumlah bank sentral. Sebagai trader, kita harus mengawasi dengan seksama aktifitas bank sentral karena tindakan bank sentral bisa memberikan pengaruh yang besar dan berjangka panjang pada nilai mata uang.

Pemerintah memainkan peran secara tidak langsung di pasar mata uang. Pasar mata uang dipengaruhi oleh jumlah uang yang mereka investasikan ke ranah publik. Hutang pemerintah juga berpengaruh terhadap nilai mata uang negara tersebut, utang yang banyak akan menurunkan nilai mata uang negara tersebut.

Trader Independen

trader-independen

Seperti bank, tujuan kita sebagai trader independen adalah mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dari pasar mata uang dengan modal pengetahuan dan pengalaman. Banyak di antara para trader tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang ekonomi atau pernah bekerja di perusahaan finansial, namun tetap bisa berhasil ketika menekuni bisnis forex.

Banyak trader individual mengatakan bahwa bisnis ini menarik karena mereka bisa menerapkan aturan main mereka sendiri dan menganalisa pasar dari perspektif pribadi. Mereka yang tertarik untuk menggeluti bidang ini bahkan tidak memerlukan modal besar saat melakukan deposit awal. Banyak dari mereka justru memulai dengan modal $50.

Itu dia empat pemain utama yang ada di pasar mata uang dunia. Bagaimana dengan anda? Masuk di kategori manakah anda sekarang? Share di bagian komen yaa! 🙂

linkedin share
Subscribe

There are no comments yet

  • Hello, guest